Minggu, 05 Januari 2014

SUPLEMEN

Anda pasti sering mendengar istilah suplemen dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah anda tahu sebenarnya apa yang dimaksud dengan suplemen tersebut? Nah.., dalam tulisan ini kami akan menginformasikan apa yang dimaksud dengan suplemen, cakupan suplemen dan manfaat suplemen. Tidak hanya itu, kami akan menginformasikan tentang bagaimana cara mengonsumsi suplemen serta hal-hal penting tentang penggunaan suplemen. 
Apa sih yang dimaksud dengan suplemen?
       Food suplemen adalah produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat yang dikemas dalam bentuk kapsul, bubuk, atau cairan yang berfungsi sebagai pelengkap kekurangan zat gizi dalam tubuh. Suplemen tidak diklaim memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu seperti halnya obat.

Cakupan Suplemen

Vitamin

Vitamin berfungsi membantu metabolism tubuh dan produksi energi. Vitamin terdiri dari vitamin larut lemak (A, D, E, K) dan vitamin tidak larut lemak (B, C, asam folat, biotin).


Mineral

Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolism. Mineral dibagi menjadi 2 kelompok yaitu mineral mikro seperti besi, mangan, iodine dan mineral makro seperti kalsium, fosfor dan kalium.  Kalsium sangat diperlukan untuk masyarakat lanjut usia. Dimana semakin tua kebutuhan kalsium semakin meningkat. Fungsi kalsium adalah untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis pada orang tua. 


Hormone

Hormone adalah suatu zat kimia yang di produksi tubuh secara spesifik dan berperan mengatur berbagai proses fisiologis tubuh. Hormone terutama diperlukan untuk wanita pada lanjut usia yang sudah mengalami menopause. Tambahan hormone yang biasanya diperlukan adalah estrogen. Diamana pada wanita yang sudah menopause, estrogen dalam  tubuh sudah tidak diproduksi lagi. 


Herba

Pengobatan herba adalah cara pengobatan yang aman dan efektif dengan menggunakan bahan-bahan dari tanaman. 


Antioksidan

Antioksidan adalah segala bentuk substansi yang pada kadar rendah secara bermakna dapat mencegah atau memperlambat proses oksidasi.

Manfaat Suplemen 
  1. Mencegah terjadinya penurunan kualitas nutrisi bagi tubuh. 
  2. Mencegah penurunan kualitas gaya hidup. 
  3. Memenuhi kebutuhan tubuh akan kompenen utama nutrisi yang meliputi karbohidrat, lemak, asam lemak esensial, protein, asam amino, air, mineral, enzim, antioksidan.
  4. Menghindarkan kekurangan gizi akibat pola makan tidak teratur dan tidak sehat. 
  5.  Membantu mengembalikan vitalitas tubuh.

Periksa Setiap Perkembangan dan Efek Konsumsi
        Untuk merawat kondisi yang spesifik sebaiknya gunakan dosis satu bulan dulu. Rentang waktu ini cukup signifikan untuk mencermati hasil kerja suplemen yang anda konsumsi. Jika anda yakin tidak merasakan adanya perubahan, sebaiknya suplemen dihentikan dulu. Untuk menghindari kemungkinan efek alergi pada zat-zat tertentu sebaiknya pilih suplemen yangpada labelnya tertera tidak mngandung ragi, gula, zat pewarna tiruan, aroma tiruan, zat pengawet, sodium, jagung, gandum, kedelai, produk  susu, dan unsur-unsur hewani lainnya. Untuk memperkecil kemungkinan terjadi efek samping, perhatikan dosis produk suplemen makanan yang akan anda konsusmsi. Jangan terbuai oleh iklan dan mudah ikut-ikutan orang lain karena setiap orang mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda.

Waspadai Suplemen Berbahaya
      Baru-baru ini pihak pengawasan obat dan makanan amerika (FDA) memeriksa beberapa jenis suplemen yang dicurigai membahayakan. Pihak FDA mengambil kesimpulan bahwa tidak semua suplemen aman. Sebagaimana lazimnya obat baru, efek samping obat muncul setelah banyak dikonsumsi. Beberapa suplemen yang dinyatakan tidak aman oleh FDA diantaranya adalah chaparral yang banyak dicampurkan dalam teh ternyata berkhasiat racun bagi hati. Suplemen lain adalah chromium picolinate yang biasanya digunakan untuk mengatur metabolism gula ternyata memiliki efek racun terhadap ginjal. Glucosamine yang diindikasikan untuk penyakit kencing manis juga termasuk kelompok suplemen tidak aman, yang belakangan dipromosikan sebagai obat encok. Mereka yang susah tidur sering menggunakan suplemen melatonin, namun ternyata efek sampingnya tidak menguntungkan.

Hal-Hal Penting Tentang Penggunaan Suplemen
       Berikut beberapa hal penting yang sangat mendasar mengenai pengonsumsian suplemen. Hal-hal berikut tampak sepele, tetapi dengan memperhatikan dan menjalankannya, anda akan memeperoleh manfaat besar.

  1. Untuk mengkonsumsi suplemen gunakan air putih.
  2.  Susu dapat menghambat penyerapan suplemen. 
  3.  Kopi tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek lain yang mungkinterjadi, misalnya rasa mual atau muntah serta debar jantung yang berlebihan.
  4.  Jangan menelan suplemen menggunakan minuman yang mengandung soda, misalnya soft drink. 
  5. Air jeruk juga akan memengaruhi keasaman dalam usus dan dapat mengganggu penyerapan atau kerja suplemen.
  6. Jangan menggunakan suplemen yang sudah kadaluarsa.
  7. Simpan suplemen di tempat yang terlindung dari cahaya dan lembab.

Daftar Pustaka:
Yulianti, N. 2009. A To Z Food Supplement. Yogyakarta: Penerbit Andi

Mehmet, C. 2009. Sehat Tanpa Dokter. Bandung: Penerbit Qanita

0 komentar:

Posting Komentar