Senin, 06 Januari 2014

VITAMIN D



Vitamin D banyak dikenal oleh masyarakat sebagai vitamin yang penting untuk tulang. Lalu sebenarnya seperti apa vitamin D tersebut? Check it out!
Vitamin D berperan dalam mencegah atau mengobati ricket (pelunakan tulang) (BNF, 2007).  Vitamin ini juga penting dalam metabolisme tulang serta mempengaruhi fungsi makrofaga (komponen penting dalam menjaga kekebalan tubuh) (Lipschitz, 2003). Kekurangan Vitamin D dapat dicegah dengan meminum suplemen sebanyak kurang 10 micrograms (400 unit) ergokalsiferol (kalsiferol, vitamin D2) sehari. Defisiensi Vitamin D  dapat terjadi pada orang yang hanya mendapatkan sedikit paparan sinar matahari dan orang dengan diet rendah vitamin D. Pada orang tersebut, ergokalsiferol dengan dosis 20 mikrograms (800 unit) sehari yang diberikan lewat suplemen dapat mencegah defisiensi vitamin D (BNF, 2007).
Defisiensi terjadi jika asupan vitamin D kurang dari 2.0 µg per harinya. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rickets, perubahan bentuk tulang, kaki membengkok, dan penurunan kepadatan tulang (Fauci et al., 2008). Defisiensi vitamin D biasanya terjadi pada orang yang kekurangan paparan sinar matahari, mengalami gangguan dalam penyerapan, dan kulit yang menua, atau pada kulit yang sangat berpigmen (sangat gelap) (Fauci et al., 2008).
Studi terbaru menyebutkan bahwa defisiensi vitamin D memberikan efek yang serius pada orang tua. Defisiensi vitamin D meningkatkan kerentanan terhadap tuberkulosis paru dengan cara membahayakan fungsi makrofaga. Hal tersebut diusulkan sebagai faktor yang berkontribusi terhadap tingginya kejadian tuberkulosis pada pasien yang dirawat di rumah dengan defisiensi vitamin D yang diperparah dengan kurangnya paparan terhadap sinar matahari (Lipschitz, 2003).

Daftar Pustaka 
BNF. 2007. British National Formulary 54. UK: BMJ Publishing Group Ltd and RPS Publishing 
Fauci, A.S., Kasper, D.L., Longo, D.L., Braunwald, E., Hauser, S.L., Jameson, J.L., dan Loscalzo, J. 2008. Harrison's Principles Of Internal Medicine Seventeenth Edition. USA:  The McGraw-Hill Companies. 
Lipschitz, D.A. 2003. Nutrition. In: Cassel, C.K.,  Leipzig, R.M., Cohen, H.J., Larson, E.B., Meier, D.E. Geriatric Medicine An Evidence-Based Approach. Newyork: Springer –Verlag Ne York Inc. P. 1011-1013.

0 komentar:

Posting Komentar