Senin, 06 Januari 2014

VITAMIN E

Vitamin E kita kenal berperan untuk menjaga kesehatan kulit. Sebenarnya seperti apa vitamin E tersebut? Apa saja fungsinya? Darimana kita bisa mendapatkannya? Lalu apa yang terjadi bila kita kekurangan vitamin E? Ayo simak artikel berikut.

Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi asam lemak tak jenuh dari oksidasi oleh radikal bebas (Fauci et al., 2008). Vitamin E juga mempengaruhi sistem imun (kekebalan tubuh) dan fakta terbaru mengindikasikan bahwa pemberian vitamin E meningkatkan fungsi imun pada orang dewasa dan dapat menurunkan risiko infeksi (Lipschitz, 2003)
Vitamin E banyak diperoleh dari makanan dan defisiensi vitamin E jarang terjadi (Lipschitz, 2003). Vitamin E dapat diperoleh dari daging, kacang-kacangan, sereal gandum, dan dari beberapa jenis buah maupun sayuran. Vitamin E terdapat dalam jumlah yang tinggi pada minyak bunga matahari, minyak bunga safflower oil, dan minyak gandum. Vitamin E dalam bentuk γ-tokotrienols terutama terdapat pada minyak kedelai dan minyak jagung (Fauci et al., 2008).
Kekurangan vitamin E menyebabkan gangguan pada saraf motorik, sehingga orang dengan defisiensi ini akan kesulitan dalam mengontrol gerakan, disertai dengan penurunan sensasi terhadap getaran dan posisi. Ophthalmoplegia (kelemahan otot yang mengontrol pergerakan mata), pigmented rethinopaty (kelainan retina yang ditandai dengan penumpukan pigmen dan hilangnya kemampuan penglihatan)  juga merupakan manifestasi dari kurangnya vitamin E. Defisiensi vitamin E hanya terjadi pada gangguan penyerapan lemak atau kelainan genetik pada metabolisme atau transportasi vitamin E (Fauci et al., 2008).

Daftar Pustaka 
       Fauci, A.S., Kasper, D.L., Longo, D.L., Braunwald, E., Hauser, S.L., Jameson, J.L., dan Loscalzo, J. 2008. Harrison's Principles Of Internal Medicine Seventeenth Edition. USA:  The McGraw-Hill Companies. 
       Lipschitz, D.A. 2003. Nutrition. In: Cassel, C.K.,  Leipzig, R.M., Cohen, H.J., Larson, E.B., Meier, D.E. Geriatric Medicine An Evidence-Based Approach. Newyork: Springer –Verlag Ne York Inc. P. 1011-1013.

0 komentar:

Posting Komentar